Selasa, 19 Maret 2013

Solusi Untuk Lensa Nikon Yang Rusak Terkena Air Laut

Apa yang lakukan ketika lensa kamera Anda yang berharga (dan tentunya cukup mahal! ) tercebur ke air laut? Pilihan yang tersedia adalah menangis sesengukan menyesali kebodohan Anda karena membiarkan hal ini terjadi atau segera membawa lensa tersebut ke service center terdekat dan berdoa mudah-mudahan ongkos perbaikan lensa tersebut tidak mendekati atau bahkan lebih dari uang yang dikeluarkan untuk menebus sebuah lensa baru.

Dalam kasus seperti ini, tentunya service center sudah dianggap sebagai dewa penyelamat yang diharapkan mencetuskan solusi ajaib yang memungkinkan Anda mendapatkan lensa tersebut dalam kondisi normal dengan biaya seminim mungkin. Lalu apa yang terjadi ketika “dewa penyelamat” Anda ini mengajukan solusi yang aneh luar biasa sehingga membuat Anda ingin mengeluarkan semua kata-kata kotor yang ada dalam kamus perbendaharaan kata Anda?

Inilah mungkin yang dirasakan oleh pemilik lensa Nikkor 17-35mm f/2.8 ketika membawa lensa nya ke service center Nikon di Taiwan. Lensa senilai kurang lebih USD $ 1.700 ini tak sengaja jatuh kedalam air laut. Salah satu langkah dari perbaikan lensa tersebut melibatkan direbusnya produk optik ini. Terdengar tidak masuk akal bukan? Simak kronologis kejadiannya dibawah ini.


Setelah teknisi dari service center tersebut membongkar lensa, ditemukan bahwa AF motor dari lensa tersebut telah rusak parah dan perlu diganti.



Karena bagian dalam tabung lensa telah berkarat, ini membuatnya lensa tak dapat bergerak. Sebagai solusi, teknisi di service center merebus tabung lensa didalam campuran kimia yang bertujuan untuk menghilangkan karat.



Setelah melalui proses perebusan tesebut karat yang tadinya menumpuk di tabung lensa, sekarang hilang tanpa bekas.


Setelah dipasangkan dengan motor AF yang baru, lensa tersebut kembali pada kondisi sedia kala. Seluruh proses servis hanya memakan waktu 3 hari saja.

Pelajaran yang dapat diambil dari kasus diatas mungkin adalah kadang-kadang masalah ekstrim memiliki solusi yang ekstrim pula. Tapi yang lebih penting adalah jagalah peralatan fotografi Anda. Tentunya Anda tak ingin menjadi orang berikutnya yangmenguji apakah solusi diatas berhasil atau tidak.

sumber :  Nikon Rumors

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan mengarah pada artikel diatas. Komentar berunsur Spam dan Link aktif maupun status akan dihapus.
>> Jangan Lupa Join Grup <<