Senin, 01 April 2013

Ubuntu Hadirkan OS LXLE untuk PC Lawas


Ubuntu akan hadir menyambangi PC jadul. Adalah komunitas pengembang sistem operasi komputer bersumber terbuka (open source) Ubuntu meluncurkan varian terbaru  "Lubuntu Extra Life Extension" (LXLE) untuk komputer-komputer lama dengan spesifikasi yang rendah. Para pengembang anonim itu menyebut LXLE berbasis Lubuntu 12.04.

Oeeaa nTu jelaskan LXLE singkatan dari Lightweight X11 Desktop Environment, adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat. LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untu menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah. LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi. Kami tidak mengintegrasikan setiap komponen LXDE sepenuhnya. Sebaliknya, kami mencoba membuat agar semua komponen bebas, sehingga setiap komponen daapt digunakan secara bebas dengan sedikit ketergantungan. Hal ini membuat porting LXDE ke distribusi Linux dan sistem Unix yang berbeda lebih mudah.

Sistem operasi pengganti yang disematkan ke dalam PC ini akan menjadi lengkap, sangat cepat, dan modern untuk komputer-komputer yang sebelumnya menjalankan Windows XP, Vista dan Windows 7. Komunitas pengembang sistem operasi (OS) berbasis Linux itu menyebut LXLE berbasis Lubuntu 12.04 dengan fitur-fitur tambahan. Sistem operasi itu mempunyai tampilan pengguna antar-muka (user interface) yang menyerupai sistem-sistem operasi Windows XP atapun Windows 7 dengan tombol start di pojok kiri bawah layar.

Para pengembang meyakini hardware dengan spesifikasi lama masih dapat dipakai dalam beberapa tahun selama, didukung pembaruan sistem operasi yang tidak mengorbankan kemampuan, penggunaan, serta estetikanya.

Sistem operasi LXLE dilengkapi pembaruan program-program populer Ubuntu seperti LibreOffice, Gimp, dan Openshot di samping sejumlah fitur dan aksesoris seperti Random Wallpaper, Fast Forecast, Aero Snap dan pemandu sistem Conky.

Situs LXLE menyediakan unduhan dua versi sistem operasi, 64 bit dan 32 bit dan dokumen-dokumen pendukung pemasangan sistem operasi itu.

Seperti info yang didapat dari website resminya di http://www.lxle.net , ubuntu telah mengembangkan sistem operasi "Lightweight X11 Desktop Environment" (LXDE) yang bahkan dapat dioperasikan di komputer berprosesor Pentium II atau Celeron dengan kartu RAM 128 mega bit meski tidak direkomendasikan.

Screen_Shots :
Post spoilerPost spoilerPost spoilerPost spoilerPost spoilerPost spoiler
Sumber : tabloidpulsa.co.id
id.wikipedia.org
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan sopan dan mengarah pada artikel diatas. Komentar berunsur Spam dan Link aktif maupun status akan dihapus.
>> Jangan Lupa Join Grup <<